Kamis, 28 Februari 2013

Manfaat daun sirsak

Kali ini saya akan sedikit mencorat coret blog saya hehe , maksudnya menuliskan tentang manfaat daun sirsak ,, ada sebagian orang mengerti dan memahami tantang manfaat daun sirsak ini.

Tapi tak jarang pula daun sirsak ini hanyalah menjadi sampah organik bagi orang yang belum mengerti akan manfaat dan fungsi dari daun sirsak ini

Yah tentunya dari segi rasa beda jauh lah sob sama buahnya yang segar membahanya itu wk,,  ok ok kita lanjut ,


Sejarah dari buah sirsak yang saya ambil dari wikipedia.com sirsak adalah nangka belanda !! waow  next lanjut lagi baca !
durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.
Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Buah sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tetang manfaat daun sirsak.

Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin.

Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain dari buahnya yang banyak menggandung kesehatan , vitamin dan lain lain,, saya juga akan memberikan sedikit cuplikan dari manfaat daun sirsak ini  lanjut simakk..!!

Seiring berjalannya waktu serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka tanaman sirsak saat ini sudah terbukti merupakan tanaman multiguna. Manfaat sirsak terletak pada seluruh bagian tanaman yang dapat digunakan meliputi : kulit batang, daun, buah, akar dan biji buah. Masing – masing bagian tanaman memiliki karakteristik dan khasiat yang berbeda. Secara umum buah dan biji buah digunakan untuk pengobatan demam, pelancar ASI, supplemen pada saat diare dan mengobati cacing. Sementara kulit
 batang, daun dan akar digunakan untuk antikejang, hipertensi, dan sebagai penenang.

Penggunaan daun semakin meluas seiring ditemukannya khasiat sebagai antikanker dan antitumor. Sudah dilaporkan bahwa para peneliti di AS telah menemukan senyawa acetogenin pada daun sirsak yang berfungsi 10.000 kali lipat daripada obat kanker adriamycin.

 Senyawa ini mampu menghambat produksi energi ATP di dalam sel kanker. Efeknya pembelahan sel kanker akan terganggu.

Acetogenin adalah senyawa poliketida dengan struktur C-34 atau C-37 rantai karbon tidak bercabang yang terikat pada gugus 2-propanol pada C-2 untuk membentuk suatu lakton. Senyawa ini memiliki 350 senyawa turunan yang ditemukan pada keluarga Annonaceae dan 82 diantaranya dimiliki oleh sirsak. Senyawa acetogenin sendiri memiliki LC50 (satuan μg/ml) yang sangat rendah, yang merupakan tolok ukur kekuatan dalam menghambat pengangkutan ATP di dalam sel kanker (sitotoksik). Daun sirsak sendiri memiliki LC50 sebesar 7,8 ± 0,3 μg/ml yang termasuk aktivitas yang tinggi (< 10 μg/ml).
Penelitian terkait penggunaan daun sirsak :
  • Daun sirsak terbukti aktif dalam menumpas sel kanker di dalam tubuh, dimana zat aktif bernama acetogenin terbukti ampuh dalam mengobati kanker antara lain : kanker prostate, kanker pancreas, kanker leukemia, kanker kolon, kanker paru – paru, kanker payudaradan berbagai sel kanker lainnya.
  • Sirsak mampu meningkatkan sekresi insulin sehingga mampu menormalkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi antioksidan endogenyang membantu tubuh dalam menetralkan sel kanker.
baca lengkap disini jamuborobudur


banyak sekali ya dari manfaat tanaman ini semoga bisa bermanfaat , tetap hidup sehat dan tetap melangkah untuk kesehatan . lanjut artikel bahas yang lain :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kesehatan